Informasi dan pengumuman resmi Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan
Seluruh informasi dapat dilihat lengkap melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id
Ketentuan Ujian
- Peserta wajib memenuhi ketentuan dan persyaratan perangkat Seleksi
- Akademik PPG Dalam Jabatan Berbasis Daring Domisili
- Peserta wajib memenuhi persyaratan jaringan internet
- Peserta wajib memenuhi tata tertib pelaksanaan ujian
- Aplikasi Ujian di sisi peserta menggunakan aplikasi SEB (Safe Exam Browser)
- Instalasi SEB dan file konfigurasi SEB sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta
- Informasi dan pengumuman terdapat di https://ppg.kemdikbud.go.id
- Panduan, video, dan file instalasi tersedia di https://uny.id/seleksi-ppg
Panduan tertulis, Video Panduan, Aplikasi SEB, File Konfigurasi SEB untuk Peserta
https://uny.id/seleksi-ppg
Pengawas Ujian
Tiga tugas utama pengawas:
• Mengkoordinasi dan memastikan peserta siap ujian
H-2 sesi ujicoba, H-1 kontak kesiapan peserta, memastikan komunikasi dalam grup
WA sudah terjalin, memastikan kesiapan perangkat dan aplikasi ujian pada peserta.
• Melakukan pengawasan ujian
Hari H melaksanakan kepengawasan, menyambut peserta yang memasuki zoom, verifikasi identitas peserta, verifikasi perangkat peserta (kabel terhubung hanya charger, mouse, jaringan/internet, selain itu dilarang), Verifikasi lingkungan peserta (tidak ada monitor lain, tidak ada orang lain, tidak ada alat perekam), Penegakan tata tertib sesuai dengan POB.
• Membantu masalah teknis peserta
Berpedoman pada POB dari Tim Seleksi, Konsultasi teknis dengan helpdesk/IT
Support melalui grup telegram.
Aplikasi Ujian
• Aplikasi Ujian di sisi peserta menggunakan SEB (Safe Exam Browser).
• Peserta wajib memenuhi ketentuan peralatan dan koneksi internet untuk
mengikuti Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan.
• Instalasi SEB dan file konfigurasi SEB ujian menjadi tanggung jawab peserta.
• Waktu Ujian adalah 150 Menit dengan soal sebanyak 120 butir.
• Waktu ujian harus dipenuhi, pilihan jawaban akan langsung tersimpan
ketika klik simpan atau ragu-ragu.
• Pilihan jawaban yang ditandai ragu-ragu tetap akan disimpan.
• Jika ada gangguan koneksi, timer soal akan berhenti dan berjalan lagi
Ketika aplikasi ujian terkoneksi Kembali.
• Ketika waktu habis aplikasi ujian akan tertutup dan muncul halaman yang menandakan selesai/jeda ujian.
Prosedur Pelaksanaan Ujicoba Seleksi
1. Peserta telah menyiapkan perangkat dan aplikasi 30 menit sebelum jadwal ujicoba
➔Peserta menerima undangan masuk ke dalam Grup WhatsApp (WAG) dari Pengawas
dan merespon komunikasi dari Pengawas tentang kesiapan perangkat dan aplikasi
2. Peserta membuka aplikasi dan masuk ke Zoom pada HP melalui link Zoom meeting yang diterima dari Pengawas
3. Peserta menjalani proses verifikasi oleh Pengawas
4. Saat jadwal ujicoba tiba, peserta melakukan Login dengan menginputkan nomor peserta ujian dan kode validasi yang terdapat pada Formulir Seleksi Akademik, serta Kode Masuk. Kode Masuk akan diinformasikan oleh Pengawas sesaat sebelum ujian dimulai.
5. Peserta melakukan ujicoba Seleksi PPG Akademik Dalam Jabatan sesuai arahan Pengawas
dan memastikan sudah memahami seluruh aspek penggunaan aplikasi ujian
6. Saat ujicoba berakhir, tampilan soal akan langsung tertutup dan muncul halaman akhir ujian, tunggu arahan Pengawas
7. Sesi ujicoba diakhiri oleh Pengawas, peserta dapat menutup aplikasi ujian dan
mengakhiri Zoom meeting.
Masalah Instalasi Aplikasi Ujian
• Masalah umum instalasi (yang terkait dengan sistem operasi) ➔ cara penanganan sudah terdapat pada panduan instalasi aplikasi SEB Ujian.
• Masalah hardware (Sistem Operasi bermasalah, perangkat tidak support, keyboard error, mouse error, Wifi/LAN error)➔ ganti perangkat.
• Koneksi internet (Sinyal tidak kuat, koneksi internet tidak stabil, akses ke server ujian atau Zoom tidak baik) ➔ cek posisi, cek koneksi provider ➔ pindah tempat ujian, ganti provider internet.
Acuan Waktu Ujian (Tentatif)
Sesi Pagi
• 07.30 – 08.00 WIB : Pengawas hadir di lokasi kepengawasan
• 08.00 – 09.00 WIB : Verifikasi identitas, kesiapan, lingkungan Peserta
• 09.00 – 11.30 WIB : Ujian Seleksi Akademik
Sesi Siang
• 11.30 – 12.30 WIB : Pengawas hadir di lokasi kepengawasan
• 12.30 – 13.30 WIB : Verifikasi identitas, kesiapan, lingkungan Peserta
• 13.30 – 16.00 WIB : Ujian Seleksi Akademik
Tips Cek Koneksi
Untuk memastikan bahwa koneksi internet Anda lancar dan stabil, cobalah untuk memutar
video Youtube dengan kualitas 720p dari HP/Laptop Anda. Jika tidak terjadi buffering, dipastikan jaringan internet di tempat Anda ujian lancar. Jika terjadi buffering dan itu lebih dari 10 detik, maka bersegeralah untuk mencari jaringan internet yang lebih baik. Tidak ada toleransi mengulang ujian apabila terhenti di tengah jalan (lebih dari 5 menit) karena jaringan internet terputus. Jika menggunakan tethering HP untuk akses internet, sebaiknya internet HP untuk Zoom dan internet laptop untuk aplikasi ujian tidak dari satu sumber.
Paket Data (Khusus pengguna internet NON-WIFI)
Dimohonkan untuk peserta yang mengandalkan paket data (telkomsel, three, indosat, XL, Axis) harap dapat menyediakan minimal paket data sebesar 10GB. Tidak ada toleransi mengulang ujian apabila terhenti di tengah jalan (lebih dari 5 menit) karena kehabisan paket data.
Perhatian!
• Kendala apapun mengenai soal, peserta DILARANG MEMOTRET SOAL. Cukup informasikan ke Pengawas ➔ No Daftar Ujian, Bidang Studi, Nomor Soal.
• Peserta harus memastikan bidang Studi-nya sudah sesuai, segera lapor pengawas jika ada ketidaksesuaian.
• Jika ada “keanehan” pada aplikasi ujian, segera laporkan pada pengawas.
• Konten soal seperti apa adanya, tidak dapat didiskusikan dengan pengawas.
• Selesai ujian mohon waspada terhadap upaya tindak penipuan yang mengatasnamakan panitia, pengawas, dan/atau LPTK yang menyatakan perihal hasil keikutsertaan Seleksi, kelayakan hasil ujian Seleksi, dan/atau kelulusan dalam Seleksi. Jika ada MOHON DIABAIKAN!